Universitas Muhammadiyah Makassar Gelar Pameran Lukisan

15 Oct

Selasa, 04 Mei 2010 | 19:15 WIB

TEMPO Interaktif, Makassar – Sebanyak 71 buah lukisan dipamerkan di Auditorium Al-Amin, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.  Pameran dimulai  hari ini hingga  Sabtu mendatang.  Ketua panitia pameran, Muhammad Faisal, mengungkapkan  pameran bertujuan memperingati satu tahun Program Studi Seni Rupa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan, kampus tersebut.

“Pameran lukisan ini merupakan kolaborasi dari pelukis otodidak, akademisi, serta mahasiswa Unismuh dan Universitas Negeri Makassar (UNM), ” kata dia kepada Tempo.

Seluruh lukisan ditampilkan di atas berbagai media, yakni  kanvas, karton, dan kertas.  Ada pun bahannya adalah  cat minyak, cat air, pensil, pensil warna, dan mixmedia yang berbahan pastel, air brush,  acrylic,  dan tanah liat. Sedangkan ukuran medianya dari  kertas A3, A1, A2 hingga ukuran kanvas 70 x 90 sentimeter persegi.

“Hampir semua pelukis dari berbagai aliran ikut menampilkan karyanya, ” ujar dia. Termasuk yang ikut berpameran adalah pelukis dari aliran abstrak, surealis, realis, dekoratif, naturalis, mixmedia, dan pelukis kaligrafi.

Pelukis tersebut antara lain pelukis tanah liat Saenal Beta, lukisan lima pelukis perempuan Makassar dari Makassar Art Gallery,  dosen Seni Rupa Unismuh Hamsah, dan belasan mahasiswa UNM dan Unismuh.

Faisal menyebutkan pameran lukisan ini akan dirangkai dengan pertunjukan musik,  teater, lomba menggambar tingkat sekolah menengah atas, lomba graffiti, dan seminar nasional tentang pendidikan. Lomba graffiti mengambil tema ‘Islam Art Movement’  yang memberi penekanan pada kesenian  dakwah.

Menurutnya, seni bukan hanya mencari nilai arti dan keindahan tapi lebih kepada konseptual, yakni bisa menjadi media penyadaran dan dakwah. Kegiatan ini juga untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional yang diwujudkan  dalam seminar nasional mengenai pendidikan.

Sumber:

http://www.tempointeraktif.com/hg/makassar/2010/05/04/brk,20100504-245503,id.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: